Tips Menggunakan Kertas Baking



Hi Sahabat Ricoman ! Saat ini bukan hanya bakers profesional saja lho yang menggunakan kertas baking (waxed paper) atau parchment paper untuk mengalas loyang. Bakers rumahan seperti kita pun sudah banyak yang memakainya, karena praktis, anti lengket, dan mudah digunakan. Berikut ini tips menggunakan kertas baking agar sukses ya.

1. Gunakan kertas baking yang berkualitas baik
Kertas baking yang baik dan pasti anti lengket adalah kertas yang permukaannya memiliki lapisan lilin (wax). Kertas berlapis lilin akan memastikan adonan cake atau cookies tidak menempel di kertas kala telah matang. Jangan kuatir, lilin yang digunakan untuk melapisi kertas aman kok untuk dikonsumsi.

Biasanya ada dua warna kertas baking,  putih dan coklat. Kertas baking ini permukannya terasa licin, agak sedikit shiny dan tidak terlalu tipis. Kertas baking yang baik bisa dipakai beberapa kali ketika digunakan untuk memanggang kue kering.

2. Ukuran kertas
Karena kertas baking biasanya berbentuk gulungan lebar maka kertas perlu digunting. Ukur kertas sesuai dengan loyang yang akan digunakan agar pas ketika dipasang di loyang. Gunting sisa kelebihannya, jangan lupa bagian tepi loyang juga harus ditutup kertas ya.

3. Memasang kertas
Jika kertas telah digunting sesuai ukuran loyang maka saatnya dipasang. Untuk loyang cake agar kertas mau menempel dengan mudah, tidak terlepas ketika adonan dituangkan, olesi permukaan loyang terlebih dahulu tipis-tipis saja dengan margarine. Margarine berperan seperti lem yang akan membuat kertas menempel (tidak menggulung) ketika adonan dimasukkan.

Pasang kertas dengan baik, dan adonan siap dituangkan. Gampang kan ? Selamat memanggang cake ya!

Posting Komentar

0 Komentar