Menggunakan Telur dalam Baking

Menggunakan Telur dalam Baking


Halo Ricoman Bakers, lama tidak ketemu ! Tidak bisa dipungkiri, telur memegang peranan penting dalam baking, yang terutama adalah memberikan struktur/bentuk pada produk baking. Nah agar peranan telur tersebut mampu maksimal maka berikut ini adalah beberapa tips yang Ricoman Bakers perlu ketahui:
1. Ukuran Telur
Berat sebutir telur utuh (tanpa kulit) yang pas untuk baking adalah sekitar 50 gram, kurang dari itu maka cake kurang maksimal mengembang. Jadi pastikan Rekan Bakers menggunakan ukuran telur yang tepat, jika telur terlalu kecil maka gunakan jumlah yang lebih banyak dari yang diminta resep.

2. Suhu Telur
Umumnya resep meminta menggunakan telur pada suhu ruang, artinya telur harus dikeluarkan beberapa jam sebelum proses baking dimulai. Telur pada suhu ruang memiliki konsistensi lebih encer dibandingkan ketika baru saja keluar dari kulkas, artinya telur lebih mudah dan maksimal mengembang ketika dikocok.

3. Memisahkan Kuning dan Putih Telur
Resep-resep tertentu seperti chiffon cake atau macaroon meminta kita memisahkan kuning telur dari putihnya. Cara terbaik melakukannya adalah ketika telur masih dalam kondisi dingin (baru saja keluar dari kulkas). Saat dingin, lapisan permukaan kuning telur lebih elastis dan tidak mudah pecah. Seperti Rekan Bakers ketahui, setetes saja kuning telur (lemak) mengenai putih telur maka putih telur tidak akan bisa dikocok hingga kaku.

Posting Komentar

0 Komentar