Cara Mendinginkan Kue Kering dari Oven

Cara Mendinginkan Kue Kering dari Oven


Halo Ricoman Bakers ! Walau mendinginkan kue kering yang baru saja keluar dari oven terkesan sepele tapi apakah pernah mengalami kue kering yang hancur saat akan dipindahkan ke wadah atau menjadi lembab saat telah dingin? Nah semua itu mungkin karena cara mendinginkan kue kering yang kurang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu agar kue tampil lebih prima.

1. Biarkan Kue Sejenak di Loyang
Saat baru saja keluar oven, dalam kondisi masih panas maka kue sangat rapuh, empuk dan mudah hancur walau hanya dengan sedikit sentuhan, biasanya kue kering jenis drop cookies. Biarkan kue berada diloyangnya hingga permukaannya terasa mengeras ketika disentuh (sekitar 5 menit), baru pindahkan ke rak kawat agar dingin sempurna.


2. Gunakan Spatula Saat Memindahkan Kue
Spatula yang terbuat dari besi pipih adalah alat sempurna untuk melepaskan dan memindahkan kue dari loyang ke rak kawat. Ujung tangan cenderung membuat permukaan kue rusak, namun spatula akan membuat kue kering tetap tampil sempurna. Selipkan ujung spatula dibawah kue dan angkat kue ke rak kawat.

3. Rak Kawat
Kue yang masih panas cenderung mengeluarkan uap, rak kawat berlubang merupakan alas yang baik ketika kue masih dalam kondisi panas karena akan melepaskan uap dengan baik. Rak kawat membuat dasar kue tidak lembab dan tetap garing. Gunakan rak kawat dengan lubang kecil agar kue tertopang dengan baik.

4. Membungkus Kue Kering
Apapun jenis kue kering yang Rekan Bakers buat, jangan bungkus ketika kue masih dalam kondisi hangat. Kue akan mengeluarkan uap, menjadikannya lembab dan lembek.
Happy Baking!



Posting Komentar

0 Komentar